Palembang (ANTARA News) - Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan pasangan calon presiden-calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dengan meraih sebanyak 2.132.163 suara pada Pilpres 9 Juli lalu.

Kalau dilihat dari rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara kabupaten dan kota pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul di Sumsel, kata Ketua KPU Sumatera Selatan, Aspahani di Palembang, Jumat.

Sementara pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla perolehan suaranya sebanyak 2.027.049 suara dari 15 kabupaten dan kota di Sumsel.

Ia mengatakan, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden 9 Juli lalu di Sumsel mencapai 71 persen atau mengalami penurunan bila dibandingkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 9 April lalu.

Ia menuturkan, KPU Sumatera Selatan segera menyampaikan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden 2014 ke KPU Pusat.

"Secepat mungkin rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden 2014 kita sampaikan ke KPU RI," ujarnya.

Pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden di KPU Sumsel itu dihadiri KPU kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Selain itu, dihadiri juga pihak Bawaslu Sumatera Selatan dan saksi dari tim sukses masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden 2014.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.(*)

Pewarta: Susilawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014