Kuala Lumpur (ANTARA News) - Malaysia prihatin  karena lokasijatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 tidak dijaga dengan baik.

"Malaysia sangat prihatin lokasi jatuhnya pesawat penerbangan MH17 tidak dijaga dengan baik," kata Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Seri Liow Tiong Lai dalam jumpa pers di Hotel Sama-Sama, Sepang, Sabtu.

Liow Tiong Lai menegaskan, Malaysia meminta semua pihak untuk menjaga integritas lokasi jatuhnya pesawat  dan memberi akses bagi penyelidikan atas insiden tersebut.

Sampai saat ini, kata Liow, pihaknya juga belum bisa masuk ke lokasi kejadian dan mereka tengah mengajukan permohonan kepada pihak berwenang untuk mendapatkan akses serta memastikan lokasi tidak diganggu.

Sebelumnya, pemimpin kelompok pemberontak mengklaim telah menemukan kotak hitam pesawat dan tengah mempertimbangkan langkah selanjutnya atas temuan itu.

Liow Tiong Lai menegaskan kembali bahwa pihaknya belum mendapat konfirmasi mengenai kebenaran klaim tersebut.

Sementara itu Ukraina dan pihak pemberontak pro-Rusia dilaporkan telah menyepakati pembentukan zona aman sejauh 20 km di sekitar lokasi jatuhnya pesawat Malaysia itu sehingga Ukraina bisa menjalankan tugas terpenting, yaitu mengidentifikasi jasad korban dan mengembalikannya kepada keluarga mereka.

Sejauh ini pihak berwenang Ukraina sudah menemukan 186 mayat.

Liow Tiong Lai juga mengatakan Malaysia akan memastikan bahwa semua jasad korban bisa ditemukan dan diperlakukan dengan baik.

"Oleh karena itulah saya hari ini akan ke Kiev untuk berkoordinasi dengan rekan saya dari Ukraina, untuk menemukan jasad korban, membantu identifikasi dan investigasi," katanya.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014