Jakarta (ANTARA News) - Kerjasama Asuransi Jasindo dengan Malaysian Insurance Institute (MII) dan Asia e University (AeU) mendapat penilaian positif dari pengamat asuransi. Kerjasama ini dinilai sudah tepat dan sangat baik, demi terciptanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

"Saya kira MoU ini sudah sangat baik untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme daripada SDM Asuransi Jasindo, yang nantinya dapat bersaing di era Masyarakar Ekonomi Asean (MEA) atau Asean Economi Community," kata Hendrisman Rahim saat dihubungi pers di Jakarta,  Selasa (21/7).

Hendrisman Rahim yang juga Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menjawab pertanyaan seberapa besar dampak positif bagi pertumbuhan asuransi industri dengan adanya kerjasama tersebut.

Dia menambahkan, Asuransi Jasindo sudah membangun dan meningkatkan kompetensi profesionalisme dari sisi SDM nya sehingga ini nantinya dapat memberikan dampak positif bagi industri asuransi di Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara-negara khususnya di Asia dan Asia Tenggara.

"Adanya kerjasama ini, saya melihat Asuransi Jasindo sudah cukup siap menghadapi persaingan di segmen industri asuransi umum (general insurance)," katanya.

Sebelumnya, Asuransi Jasindo pada tanggal 18 Juni 2014 di Kuala Lumpur, Malaysia telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Agreement Asuransi Jasindo dengan MII dan AeU.

Ini dalam rangka menghadapi integrasi komunitas Ekonomi Asean 2015 dan program International Professional Development sebagai persiapan Asuransi Jasindo mengembangkan businessman asuransi secara global (internasional).

Kerjasama Asuransi Jasindo dengan MII di atas merupakan perpanjangan MoU yang telah terjalin sejak tahun 2006 dengan lulusan yang telah dihasilkan berjumlah 32 orang, dimana 25 orang diantaranya telah meraih gelar ACII.

Selain kerjasama dengan MII, Asuransi Jasindo juga meningkatkan keahlian dan professionalisme SDMnya di bidang segmen asuransi melalui penandatanganan kesepakatan bersama dengan Asia e University (AeU).

Universitas (AeU) menggunakan metode perkuliahan Dual-Mode yaitu kuliah dengan metode online dan tatap muka di Asia e University, Malaysia, yang berpengalaman melakukan kerjasama dalam hal penyelenggaraan pendidikan tinggi di 26 negara di dunia.

Dalam program MII maupun program MBA Syariah. Asuransi Jasindo tidak hanya mengikutsertakan SDM-nya saja, tetapi juga mengajak perusahaan lain dalam industri asuransi untuk ikut belajar sebagai perwujudan semangat memajukan industri Asuransi Umum di Indonesia.

Dengan disepakatinya MOU Agreement antara Asuransi Jasindo dengan kedua institusi pendidikan di Malaysia tersebut, diharapkan Asuransi Jasindo memiliki tenaga ahli industri asuransi peringkat Internasional sehingga dapat membawa Asuransi Jasindo menembus pasar internasional khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014