Mukomuko (ANTARA News) - Arus balik kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Barat di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sabtu, mulai ramai oleh mobil dari arah Kota Bengkulu maupun dari Provinsi Sumatera Barat.

Berdasarkan pantauan di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Sabtu, kendaraan pemudik yang balik melintas di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di wilayah itu mayoritas didominasi mobil.

Kasi Ops Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Rabiadi mengatakan arus balik kendaraan di Jalinbar di daerah itu mulai ramai sejak hari kelima dan keenam Lebaran.

Karena, kata dia, pemudik yang berasal dari dan luar daerah itu mulai mempersiapkan diri untuk masuk kerja kembali.

"Kalau pegawai negeri sipil (PNS) banyak balik pada Minggu (3/8) karena hari Senin (4/8) PNS masuk kerja lagi seperti biasa," ujarnya lagi.

Ia menerangkan, meskipun telah terjadi peningkatan arus balik kendaraan di Jalinbar di daerah itu namun situasi berjalan lancar dan normal seperti hari biasa.

"Arus mudik kendaraaan di tempat kita ini berjalan lancar dan normal," ujarnya lagi.

Ia menyebutkan, seperti arus mudik lebaran, jumlah kendaraan yang balik lewat Jalinbar di daerah itu setiap harinya sekitar 170 kendaraan angkutan penumpang dan barang.

"Arus balik kendaraan saat ini tetap lancar di Jalinbar di daerah ini karena mobil dum truk muatan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit maupun mobil membawa kontainer tidak boleh lewat," ujarnya.

Warga Kecamatan Ipuh Burzan mengatakan hampir setiap jam banyak kendaraan pemudik berhenti di Masjid Darussalam untuk beristirahat.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014