Pelabuhan Swarangan diharapkan rampung 2015

Pelaihari, Kalsel (ANTARA News) - Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, berharap pembangunan Pelabuhan Laut Swarangan rampung tahun 2015.

"Pembangunan Pelabuhan Laut Swarangan dimulai sejak tahun 2009 atau semasa Bupati Tanah Laut (Tala) H Adriansyah," ungkap Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishubinfo kabupaten tersebut HM Rahmadi di Pelaihari, Kamis (7/8).

"Bahkan ketika kepemimpinan Aad (panggilan Adriansyah), pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat menargetkan pembangunan Pelabuhan Laut Swarangan itu rampung tahun 2015," lanjutnya.

Menurut dia, peran Dishubinfo Tala dalam pembangunan pelabuhan tersebut ada beberapa tahap yang sudah dilaksanakan, seperti upaya pembebesan lahan, studi kelayakan dan lainnya.

"Sedangkan untuk menyelesaikan sisi laut, itu bukan wewenang kita. Yang berwenang menangani masalah itu adalah Unit Penyelenggara Pelabuhan Kintap Tala," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, apabila pembangunan Pelabuhan Laut Swarangan itu rampung 2015, maka banyak efek positif yang didapat, baik bagi daerah maupun masyarakat Tala dan Kalsel.

"Tentunya banyak usaha masyakarat yang bisa dikembangkan di sekitar pelabuhan itu nanti, dan ini tentunya dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta warga setempat," tegas Rahmadi.

Sebelumnya Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah menyatakan sangat berharap pembangunan Pelabuhan Laut Swarangan ditarget 2015 rampung dikerjakan.

Karena menurut putra Adriansyah (mantan Bupati Tala), dengan rampung dan beroperasikan Pelabuhan Laut Swarangan itu nanti bisa mendongkrak perkembangan dan kemajuan perekonomian daerah.

"Apalagi Bumi Tuntung Pandang Tala memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) yang cukup beragam dan potensial untuk menunjang pembangunan perkembangkan dan kemajuan perekonomian daerah," demikian Bambang.

(KR-SHN/C003)

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Razia COVID-19 di Kalbar sasar penumpang moda transportasi laut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar