London (ANTARA News) - Karismatis, meyakinkan, dan teliti merupakan sosok dari pelatih baru Manchester United, Louis van Gaal yang dengan cepat memastikan tempatnya di klub yang dilanda rasa putus asa untuk kembali kepuncak sepak bola Inggris.

Setelah menajalani satu musim yang suram di bawah David Moyes, Manchester United cepat menunjuk pelatih berpengalaman asal Belanda ini untuk mengembalikan kejayaan dan telah memulainya dengan baik.

Walaupun pernah mengkritik tentang panjangnya tur pramusim di Amerika Serikat, Van Gaal membawa United memenangi lima laga dari lima lawan sekaliber Real Madrid, AS Roma, Inter Milan, dan Liverpool.

Dia memutuskan untuk menerapkan formasi 5-3-2 yang dia juga gunakan untuk membawa tim nasional Belanda ke peringkat ketiga Piala Dunia 2014 dan pemain "Setan Merah" terlihat dapat beradaptasi dengan itu.

Antonio Valencia, Luke Shaw, dan Ashley Young yang frustasi di bawah Moyes, menikmati posisi yang penting sebagai bek sayap untuk mensukseskan sistem itu.

Van Gaal membuatnnya jelas sejak awal bahwa Robin van Persie dan Wayne Rooney akan menjadi dua penyerang utama dengan Juan Mata yang akan beroperasi di belakang mereka.

Pemain asal Spanyol ini menikmati posisi favoritnya dengan rekan senegaranya Ander Herrera, keduanya menunjukkan kegigihan dan lini tengah United terlihat padu.

United hanya kemasukan empat gol di lima pertandingan, tiga di antaranya dari titik putih, dan Phil Jones, Jonny Evans, dan Chris Smalling beradaptasi dengan cepat pada formula baru itu.

Van Gaal dipastikan akan mendatangkan setidaknya satu bek tengah berpengalaman dengan Mats Hummels dan Thomas Vermaelen dikabarkan menjadi bidikannya.

Sementara playmaker Shinji Kagawa yang kini menjadi pilihan kedua di belakang Mata, akan dipastikan dilepas, begitu juga dengan gelandang Marouane Fellaini, Nani, Anderson, dan kemungkinan Tom Cleverley.

Van Persie tidak mengikuti tur ke Amerika setelah tampil di Piala Dunia, tetapi Rooney terlihat fit dan tajam akan menjadi pemain vital United yang telah memenangi 13 gelar Liga Inggris di bawah Alex Ferguson antara tahun 1993-2013.

Van Gaal memiliki pilihan sulit tentang siapa yang akan menjadi kapten dan walaupun dia memfavoritkan pemain Belanda Van Persie, dia menyadari pentingnya Rooney bagi tim dan mungkin akan memberikan pemain asal Inggris itu kehormatan.

Pada laga pembuka Liga Inggris musim ini United akan melawan Swansea City.

Dua belas bulan lalu, Moyes menghadapi lawan yang sama di pertandingan kompetitif pertamanya sebagai pelatih dan menang 4-1 di Wales, tetapi United mengakhiri musim di peringkat tujuh, demikian The Guardian.

 

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014