Sanaa (ANTARA News) - Serangan "drone" AS menewaskan tiga tersangka anggota Al Qaida di Provinsi Marib, Yaman Tengah, Sabtu, kata bebeapa pejabat keamanan Yaman.

Serangan itu ditujukan ke satu rumah di Daerah Wadi Abida di Provinsi Marib, menewaskan tiga lelaki dan melukai dua perempuan, kata beberapa pejabat yang tak ingin disebutkan jatidiri mereka, lapor Xinhua.

Warga setempat menyatakan semua korban bukan berasal dari Marib, tapi Provinsi Saada --yang berdekatan-- setelah konflik sektarian meletus di Saada pada awal tahun ini, demikian laporan Xinhua.

Serangan "drone" AS terhadap tersangka gerilyawan Al Qaida telah meningkat di Yaman sejak Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi memangku jabatan pada Februari 2012.

Namun, banyak pengeritik dari kelompok hak asasi manusia mengatakan serangan pesawat tanpa awak itu melanggar hukum internasional dan mengakibatkan banyak korban jiwa.

Al Qaida di Jazirah Arab, yang di daerah setempat dikenal dengan nama Ansar Ash-Sharia, dipandang sebagai ancaman utama bagi Pemerintah Yaman dan tetangganya yang kaya akan minyak, Arab Saudi.

Pada Jumat malam (8/8), beberapa pria bersenjata yang diduga anggota Al Qaida menyergap rombongan militer di Provinsi Hadhramauth, Yaman Tenggara, dan memenggal 14 prajurit setelah menangkap mereka, kata seorang pejabat pemerintah.

"Semua korban adalah bagian dari rombongan militer 14-anggota di Kota Kecil Shibam di Provinsi Hadhramauth, yang diserang pada malam ini oleh beberapa tersangka anggota Al Qaida yang mengemudikan mobil bak terbuka," kata seorang pejabat pemerintah lokal yang tak ingin disebutkan jatidirinya kepada Xinhua.

"Tersangka anggota Al Qaida yang bersenjata memotong leher semua prajurit itu ...," kata pejabat tersebut. Ia menambahkan mayat tentara itu telah ditemukan.

Warga setempat di dekat lokasi kejadian mengkonfrimasi bahwa "sebagian dari mereka dibunuh dengan ditembak, tapi kebanyak dari mereka dihukum mati setelah mereka ditangkap".

Pada Kamis (7/8) prajurit Angkatan Darat Yaman telah menewaskan tujuh pria bersenjata yang diduga sebagai anasir Al Qaida di satu pos pemeriksaan di dekat Markas Komando Militer Regional Ke-1 di Provinsi Hadhramauth setelah baku-tembak dengan beberapa penyerang.

Sejak April Pemerintah Yaman telah melancarkan serangan besar terhadap kubu Al Qaida di beberapa wilayah selatan negeri itu, dan menewaskan sejumlah gerilyawan.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014