Jakarta (ANTARA News) - Mesin pencari Google Inc dan lima perusahaan telekomunikasi dan komunikasi Asia sepakat menginvestasikan sekitar 300 juta dolar AS  untuk mengembangkan dan mengoperasikan jaringan kabel trans-Pasifik yang menghubungkan Amerika Serikat dengan Jepang.

Jaringan kabel yang diberi nama "FASTER" ini akan memiliki kapasitas awal 60 terabit per detik dan akan menghubungkan Los Angeles, Portland, San Francisco, Oregon dan Seattle ke Chikura dan Shima di Jepang.

NEC Corp yang akan menjadi pemasok sistem untuk jaringan kabel  itu mengatakan bahwa pembangunan jaringan itu akan segera dimulai dan akan siap untuk layanan pada kuartal kedua 2016.

Jaringan tersebut juga akan terhubung ke sistem kabel tetangga untuk memperluas kapasitasnya di luar Jepang ke negara-negara Asia lainnya.

Google saat ini mengoperasikan "Fiber" TV super cepat dan layanan Internet di wilayah metropolitan Kansas City, dan telah berusaha memperluas jaringannya ke kota-kota lainnya di Amerika Serikat.

Yang juga terlibat dalam proyek ini adalah China Mobile International, China Telecom Global dari China Telecom Corp Ltd, Global Transit milik TIME Dotcom Bhd, KDDI Corp dan Singapore Telecommunications Ltd, demikian Reuters.



Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014