Jakarta (ANTARA News) - Sejak menjadi presiden terpilih, satu per satu tamu diplomatik perwakilan dari negara luar mulai mendatangi Jokowi, yang kini masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota untuk berbagai keperluan, baik untuk mengucapkan selamat maupun membicarakan rencana kerja sama bilateral antarnegara.

Menanggapi hal itu, Jokowi melihatnya sebagai sesuatu hal yang biasa. Semua tamu negara, menurutnya harus diterima dengan baik.

"Jangan bertanya ke saya kenapa banyak perwakilan negara lain datang kemari. Siapa pun yang berkunjung ya saya terima. Ada yang membicarakan masalah Jakarta, ada yang membicarakan Indonesia. Semua diterima," kata Jokowi usai bertemu Dubes Korsel Cho Tai-young di Balaikota, Rabu.

Beberapa tamu utusan negara asing yang sempat menemui Jokowi di Balaikota antara lain Menteri Luar Negeri Kanada John Baird, Menlu Jepang Fumio Kishida, dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Cho Tai-young.

Jokowi mengatakan tamu-tamu utusan negara asing akan terus berdatangan menemuinya dalam waktu dekat. "Ya akan ada terus."

Jokowi juga mengatakan hampir semua pemimpin dan perwakilan negara luar telah mengucapkan selamat atas terpilihnya dia menjadi presiden RI.

"Hampir sudah semua. Baik lewat telepon atau kirim menteri. Semua sama berkesannya, ya sama," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014