Kupang (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang hingga Rabu belum menerima buku panduan penerapan Kurikulum 2013, padahal tahun pelajaran 2014/2015 sudah dimulai.

"Hingga kini, kami belum menerima buku panduan Kurikulum 2013 untuk diberikan kepada para guru untuk dijadikan sebagai panduan ajar," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kupang, Jerhans Ledoh, di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan bahwa seluruh proses pengadaan buku panduan dilakukan secara terpusat di Jakarta sehingga daerah tidak memiliki kewenangan untuk mengaturnya, termasuk mengintervensi waktu pengiriman semua dokumen tersebut.

Dengan demikian, kata dia, selaku pelaksana di daerah, hanya bisa menanti pengiriman dokumen tersebut, untuk selanjutnya disalurkan ke sekolah-sekolah di daerah setempat.

"Ini proyek pusat dan kami di daerah hanya bisa menanti kapan barang itu dikirim untuk selanjutnya kami salurkan ke seluruh sekolah di dearah ini," kata Jerhans.

Menurut dia, seharusnya buku panduan penerapan Kurikulum 2013 tersebut sudah berada di daerah untuk selanjutnya diberikan kepada para guru di seluruh sekolah daerah ini sebelum tahun ajaran dimulai.

Dengan demikian, kata dia, para guru bisa mempersiapkan diri untuk menyusun rencana pengajarannya sesuai dengan pedoman dalam buku tersebut.
(KR-YHS)

Pewarta: Yohanes Adrianus
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014