Berlin (ANTARA News) - Bayer Leverkusen menang 2-0 atas runner-up musim lalu Borussia Dortmund pada awal musim Bundesliga pada Sabtu (Minggu WIB), setelah gol tercepat liga tercipta dalam pertandingan itu.

Pemain sayap Karim Bellarabi hanya butuh sembilan menit untuk mencetak gol pembuka bagi tim tamu sementara Dortmund bermain di bawah standar meski Marco Reus telah kembali tampil setelah cedera yang membuatnya  absen dari Piala Dunia.

Stefan Kiessling mencetak gol kedua bagi tim tamu pada tambahan waktu untuk mengamankan kemenangan.

"Kami melakukan banyak hal dengan benar hari ini," kata pelatih Roger Schmidt, yang merayakan debut kemenangannya di bangku Leverkusen.

"Kami terus menyerang Dortmund secara agresif sepanjang waktu. Kami memainkan permainan papan atas dan layak mendapat kemenangan."

Pelatih Dortmund Juergen Klopp, yang menorehkan rekor klub dengan menduduki posisinya untuk tujuh musim berturut-turut, kehilangan sejumlah pemain, termasuk kapten Mats Hummels, Roman Weidenfeller, dan bek tengah Neven Subotic, dan itu sangat berdampak di lapangan.

"Benar-benar menyakitkan mengawali musim dengan hasil seperti ini," kata Klopp kepada para pewarta.

"Gol awal secara dramatis mempengaruhi permainan selama 25 menit pertama," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

"Sekarang kami harus melakukan sesuatu dan saya bertanggung jawab penuh bahwa tim saya tidak waspada penuh pada awal (pertandingan)," ucapnya.

Sesama kompetitor Liga Champions Leverkusen, yang mendapat semangat dari gol awal mereka, terlihat lebih bersemangat sepanjang pertandingan dan mengonfirmasi penampilan bagus mereka setelah juga memenangi putaran pertama kualifikasi Liga Champions di Kopenhagen pada pertengahan pekan.

Tuan rumah, yang memenangi tiga pertandingan pembuka musim mereka sebelumnya, dan juga memenangi Piala Super Jerman atas Bayern Munich pada awal bulan ini, kehilangan kecepatan yang biasanya mereka miliki.

Bek tengah Leverkusen Omer Toprak hanya membuat sedikit kesalahan di belakang, sementara pemain berbakat Hakan Calhanoglu, yang direkrut dari Hamburg SV dengan biaya transfer 15 juta euro (19,86 juta dolar AS), menjadi sumber ancaman dengan umpan-umpan panjang dan bola-bola matinya.

Peluang terbaik Dortmund tercipta pada enam menit menjelang pertandingan usai, namun kiper Bernd Leno secara spektakuler menggagalkan tandukan Matthias Ginter untuk melindungi mereka sebelum Kiessling mengunci kemenangan timnya dengan sepakan terakhir di pertandingan itu. (Uu.H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014