... melihat Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal, adalah figur yang pantas, diikuti Menteri Luar Negeri (saat ini), Marty Natalegawa... "
Jakarta (ANTARA News) - Pakar Komunikasi dari Universitas Andalas, Yuliandre Darwis, menyodorkan beberapa nama dalam bursa calon menteri luar negeri di pemerintahan mendatang. Kriterianya, figur profesional yang cerdas, kreatif, tegas, serta memiliki konsep Indonesia di dunia internasional.

Dari beberapa figur yang dinilai pantas untuk mengisi jabatan menteri luar negeri, dia melihat Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal, adalah figur yang pantas, diikuti Menteri Luar Negeri (saat ini), Marty Natalegawa.

Baik Djalal dan Natalegawa sama-sama pernah menjadi juru bicara pemerintah, satu angkatan sekolah diplomat Kementerian Luar Negeri, dan sama-sama pernah menjadi duta besar Indonesia di negara-negara penting, yaitu Amerika Serikat (Djalal), dan Inggris Raya (Natalegawa).

Tentang Djalal yang berdarah Minang, Darwis berujar, "Dia memiliki konsep pembangunan karakter bangsa Indonesia yakni Indonesia unggul."

Indonesia ke depan menghadapi tantangan di dunia internasional yang semakin besar, salah satunya adalah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Tantangan lainnya, kata dia, adalah bagaimana Indonesia menghadapi negara-negara maju di bidang ekonomi seperti dalam G20 dan APEC.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014