Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Kerajaan Norwegia untuk Indonesia Stig Traavik hampir setiap hari memilih menggunakan sepeda ketimbang mobil menuju ke kantor demi menjaga kesehatan dan mengurangi polusi.

"Dari dulu saya memang gemar bersepeda karena sudah menjadi kebiasaan dan terus dijaga sampai kini. Mengingat masyarakat Norwegia terbiasa bersepeda," kata Duta Besar Traavik di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

Sepeda Duta Besar Traavik terikat di belakang mobil dinas saat dia berkunjung ke Istana Wakil Presiden untuk menghadiri Peluncuran Prakarsa Nasional: Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat melalui REDD+ oleh Wakil Presiden Boediono.

Selain untuk olahraga, dia memilih mengendarai sepeda untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.

"Cuaca di Jakarta dan Norwegia memang sangat berbeda. Di Jakarta sangat panas tapi di Norwegia dingin, namun kondisi itu tidak membuat saya tidak bersepeda di sini," katanya.

Ia merasa aman dan nyaman mengendarai sepeda dari rumah ke Kedutaan Besar Norwegia meski Jakarta tidak memiliki jalur khusus untuk sepeda sehingga dia harus mengendarai sepedanya bersama dengan pengendara kendaraan bermotor lainnya.

Dia mengusulkan kepada Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta agar menyiapkan jalur bersepeda agar masyarakat makin gemar bersepeda saat menuju tempat kerjanya.

"Memang butuh investasi untuk bangun jalur sepeda. Itu akan baik bisa mengurangi masyarakat menggunakan kendaraan bermotor yang pada akhirnya mengurangi polusi," kata Duta Besar Traavik.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014