kalau masih ada yang belum pas tolong sampaikan agar tahun depan bisa lebih optimal
Semarang (ANTARA) - Sebanyak 2.092 pemilir (pemudik arus balik) bersepeda motor diangkut kembali ke Jakarta dengan menggunakan KM Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Bersama dengan para pemilir yang akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (29/4) tersebut juga diangkut 847 sepeda motor.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno mengatakan jumlah pemudik yang diangkut kali ini baru sekitar 83 persen dari kapasitas kapal.

Ke depan, kata dia, perlu kolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam menyosialisasikan mudik dengan kapal laut milik PT Pelni tersebut.

"Kalau masih ada yang belum pas tolong sampaikan agar tahun depan bisa lebih optimal," katanya.

Baca juga: DJKA siapkan kuota 10.440 untuk program angkutan motis lebaran 2023
Baca juga: PT KAI sediakan angkutan sepeda motor gratis tujuan Solo


Ia menambahkan mudik gratis dengan kapal.laut bagi pemudik bersepeda motor ini juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang banyak dialami pemudik berkendaraan bermotor roda dua tersebut.

KM Dobonsolo sendiri masing-masing mengangkut dua kali perjalanan pemudik bermotor dari Jakarta ke Semarang pada 15 dan 17 April 2023 dan dua perjalanan saat arus balik pada 25 dan 28 April 2023.

Saat arus balik, total 3.084 pemudik dengan 1.295 sepeda motor diangkut dari Jakarta ke Semarang.

Sementara saat arus balik 3.175 pemilir diangkut dalam dua kali pelaksanaan mudik gratis dengan kapal laut beserta 1.265 sepeda motornya.

Baca juga: Pemudik hemat BBM dengan ikuti mudik gratis motor gunakan kapal laut

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023