Jakarta (ANTARA) - Program mudik gratis naik kapal laut yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan telah membantu pemilir dalam menghemat uang mereka hingga jutaan rupiah.

Salah satu pemilir bernama Iman Resmanto mengatakan harga tiket bus dari Jakarta menuju Semarang Rp600 ribu per orang, sedangkan program gratis tidak dipungut biaya sepeser pun.
 
"Saya bertiga dengan anak dan isteri otomatis bisa kena Rp1,8 juta untuk sekali mudik dan habis Rp1,8 juta lagi untuk balik, sehingga total bisa Rp3,6 juta pulang- pergi. Uang sebanyak itu lebih baik dipakai untuk Lebaran di kampung halaman," ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.
 
Pada mudik 2023, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengadakan empat kali keberangkatan kapal untuk peserta mudik gratis sepeda motor.
 
Arus mudik rute Jakarta – Semarang telah diberangkatkan pada 15 dan 17 April 2023. Sedangkan, arus balik rute Semarang – Jakarta berlangsung pada 25 dan 28 April 2023.

Baca juga: Ribuan pemilir motor gratis tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Baca juga: KRI Banjarmasin 592 angkut ratusan pemudik balik ke Jakarta

 
Total kuota dari keempat keberangkatan kapal tersebut sebanyak 10.000 penumpang dan 5.000 sepeda motor.
 
Iman menceritakan mudik menggunakan kapal laut lebih nyaman ketimbang naik sepeda motor ataupun bus karena dia bisa istirahat kapan saja, tidak lelah, dan bisa beribadah tepat waktu.
 
Selain itu, fasilitas yang dimiliki kapal laut juga terbilang lengkap mulai dari tempat tidur, kafetaria, klinik, ruang musik, ruang film, hingga mushalla.
 
"Ini kali ketiga saya mengikuti program mudik gratis naik kapal laut yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan. Apalagi saya punya anak batita yang masih kecil, perjalanan laut jauh lebih nyaman dibandingkan perjalanan darat," ujar Iman.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Supriyadi, salah satu penumpang mudik gratis naik kapal laut. Dia yang berprofesi sebagai tukang ojek daring yang memiliki satu isteri dan empat anak merasa sangat terbantu atas program mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah.
 
"Saya pernah mudik naik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang, saya kapok, badan sangat lelah. Saya mending naik kapal apalagi mudiknya gratis. Saya sudah tiga kali ikut program mudik gratis, yakni tahun 2018, 2019, dan 2023," terang Supriyadi.
 
Pada 26 April 2023, KM Dobonsolo yang mengangkut 1.083 pemilir dan 418 unit sepeda motor yang mengikuti Program Mudik Gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.
 
Pelayaran dari Semarang hingga ke Jakarta menghabiskan waktu selama 16 jam. Kapal bertolak dari Dermaga Pelabuhan Tanjung Emas pukul 16.00 WIB pada Selasa (25/4) dan tiba di Dermaga Pelabuhan Tanjung Priok pukul 08.00 WIB pada Rabu (26/4).
 
"Cuaca baik hanya ada angin dari timur. Ombak tidak begitu tinggi tidak sampai satu meter, makanya perjalanan lancar," kata Kapten KM Dobonsolo Muhary.

Baca juga: Dinkes Lampung: Pemudik motor perhatikan kondisi anak saat arus balik

Baca juga: Gubernur Lampung minta pastikan kenyamanan pemudik motor


 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023