Mataram (ANTARA News) - Sebanyak 140 calon haji asal Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang tergabung dalam kloter enam Embarkasi Lombok dilepas oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, di Mataram, Minggu.

Pelepasan jamaah calon haji itu dihadiri seluruh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Mataram dan jajaran dari Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, serta ribuan keluarga jamaah yang datang untuk mengantarkan jamaah hingga memadati halaman dan luar halaman kantor wali kota.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam dalam kesempatan itu mengatakan, 140 calon haji asal Kota Mataram itu merupakan kloter campuran dengan 90 orang calon haji dari Kabupaten Lombok Barat, 64 orang dari Kabupaten Lombok Utara dan 72 orang dari Kabupaten Lombok Timur.

"Direncanakan, jamaah koloter enam ini akan diterbangkan Senin (8/9) besok pada pukul 08.15 Wita dan berada selama 11,5 jam di atas pesawat," katanya.

Usai kegiatan pelepasan, jamaah haji langsung diberangkatkan ke Embarkasi Lombok di Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram. Untuk dilakukan cek kesehatan terakhir kepada jamaah dan pembangian gelang identitas jamaah.

Menurutnya, sebanyak 140 orang calon haji asal Kota Mataram saat dilepas oleh wali kota, jamaah dalam keadaan sehat-sehat semua dengan usia tertua adalah 93 tahun dan termuda 21 tahun.

Setiba di Jeddah, katanya lagi, jamaah kembali akan melakukan cek kesehatan dan imigrasi kemudian melanjutkan perjalaan dengan menggunakan bus ke Madinah untuk melakukan ibadah "arbain" atau shalat berjamaah 40 rakaat.

"Jamaah kloter enam ini akan menempati pemondokan di wilayah Misfalah sekitar satu kilometer dari Masjidil Haram," katanya.

Burhanul mengatakan, dengan akan diberangkatkanya jamaah calon haji kloter campuran ini, jamaah calon haji Kota Mataram yang tersisa tinggal 27 orang dari total 487 orang pada musim haji tahun 2014.

"Sebanyak 27 calon haji itu dijadwalkan berangkat pada tanggal 15 September 2014 bergabung dengan jamaah calon haji Lombok Barat dalam kloter 11," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh sebelum melepas keberangkatan jamaah mengingatkan agar jamaah terus menjaga kesehatan. Sehingga dapat melaksanakan berbagai rukun wajib dan sunah haji.

Pewarta: Norkomala
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014