Mataram (ANTARA News) - Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mendapatkan kuota tambahan calon haji untuk tahun 2014 sebanyak delapan orang yang akan diberangkatkan pada Minggu (28/9).

"Kuota tambahan ini tidak akan dilepas oleh wali kota seperti jamaah sebelumnya, namun akan langsung ke asrama haji Embarkasi Lombok pada Minggu (28/9)," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, sebanyak delapan orang calon haji asal Kota Mataram itu akan bergabung dengan kelompok terbang (kloter) dari Makassar dan Aceh.

Menurutnya, Kota Mataram mendapatkan kuota tambahan untuk mengisi kuota yang tidak dapat terisi secara nasional dan langsung ditangani oleh Kantor Kementerian Agama Provinsi NTB. Delapan orang tersebut diprioritaskan untuk calon haji lanjut usia beserta pendampingnya.

"Kita memprioritaskan calon haji yang lanjut usia, dan dapat menyelesaikan berbagai administrasi lengkap pada saat itu juga," katanya.

Dengan adanya penambahan delapan orang itu, total calon haji Kota Mataram untuk musim haji 2014 menjadi 495 orang.

Sementara sebanyak 487 orang calon haji yang sudah diberangkatkan dalam tiga kloter sebelumnya, sudah berada di tanah suci Makkah, dan sedang mempersiapkan diri untuk melaksanaan ibadah wajib haji.

Menurutnya, saat ini para jamaah sedang menunggu datangnya waktu untuk berangkat melaksanakan ibadah Wukuf di Arafah, dengan melaksanakan berbagai ibadah shalat wajib di Masjidil Haram, tawaf sunah dan umrah sunah.

"Jamaah dijadwalkan bersiap ke Arafah pada 8 Dzulhijjah atau Jumat 3 Oktober 2014, dan kumpul di Arafah pada 9 Dzulhijjah sampai terbit fajar 10 Dzulhijjah. Kemudian, 10 Dzulhijjah berangkat ke Mina untuk melempar jamrah," katanya.

Menyinggung tentang kesehatan jamaah, Burhanul mengatakan, 487 calon haji Kota Mataram sampai saat ini dalam kondisi sehat walafiat. Selain itu, belum ada kesulitan atau kendala-kendala yang dihadapi jamaah selama berada di tanah suci.

Pewarta: Nirkomala
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014