Pengumuman lelang sudah dilakukan sejak awal Juli 2014, dan saat ini prosesnya sedang berlangsung. Kami berharap tender itu selesai tahun ini juga,"
Jakarta (ANTARA News) - Tender pelepasan sebagian menara milik PT XL Axiata Tbk (EXCL) dikabarkan segera tuntas menjelang penutupan tahun 2014.

"Pengumuman lelang sudah dilakukan sejak awal Juli 2014, dan saat ini prosesnya sedang berlangsung. Kami berharap tender itu selesai tahun ini juga," kata VP Corporate Communication XL Axiata, Turina Farouk di Jakarta, Sabtu.

Untuk menjunjung transparansi dan fairness lelang tersebut, XL beberapa waktu lalu membentuk komite lelang yang dipimpin oleh komisaris independen.

Kabar beredar menyebutkan sederet perusahaan yang ikut dalam tender tersebut ialah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR), PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST), PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), dan PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT).

Namun sejumlah analis memperkirakan Tower Bersama dan Sarana Menara menjadi dua perusahaan yang akan bersaing ketat dalam lelang tersebut.

Bahkan belum lama ini, disebut-sebut terdapat tiga perusahaan tengah mencari pinjaman sekitar 500 juta dolar AS untuk memenangkan tender tersebut.

Tiga perusahaan itu adalah PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR), Providence Equity Partners, dan PT Tower Bersama Infrastructrue Tbk (TBIG) dan mencari pinjaman sekitar 400 juta-500 juta dolar AS.

Sumber lainnya menyatakan XL akan melepas sekitar 3.500 unit menara dengan penawaran minimal dimulai dari 375 juta dolar AS menggunakan tenancy ratio 1.6X.

Namun ada juga yang melepas isu XL akan melepas sekitar 2.000--2.500 menara dengan rata-rata rasio tenant sekitar 1,8X dengan bidikan dana segar yang ingin diraih 400 juta dolar AS--500 juta dolar AS.
(R017/I007)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014