Padang (ANTARA News) - Pejabat di BMKG Padang, Budi Samiaji, memprediksi hujan berintensitas lebat masih berpotensi terjadi di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang.

"Untuk bulan Oktober hingga Desember nanti, berdasarkan pola cuaca di Indonesia, bulan-bulan tersebut merupakan bulan dengan potensi cuaca ekstream," katanya. di Padang, Minggu.

Ia menjelaskan, hujan lebat selama dua hari di Sumatera Barat, terutama di Padang, mengakibatkan kenaikan gelombang laut di perairan laut Mentawai dengan tinggi gelombang hingga dua meter, sedangkan pada wilayah Barat Mentawai ketinggian gelombang bisa mencapai 2,5 meter.

"Dampak yang bisa dirasakan pada kondisi cuaca ekstream, dapat terlihatlangsung pada kondisi gelombang, dimana laut menjadi pasang," katanya.

Samiaji mengatakan lebih lanjut bahwa kondisi curah hujan yang terjadi di bulan-bulan ini, pada wilayah konsentrasi hujan bisa mencapai 50 hingga 100 milimeter per hari.

Ia menambahkan, curah hujan yang terjadi selama dua hari belakangan ini masih dalam kondisi curah hujan normal yakni 16 hingga 20 milimeter per hari.

"Padang merupakan wilayah konsentrasi hujan intensitas sedang. Kondisi ini diprediksi akan berpotensi tiga hingga empat hari ke depan," katanya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014