London (ANTARA News) - Media Inggris melaporkan hari ini bahwa para sandera Turki yang dibebaskan oleh militan ISIS bulan lalu kemungkinan adalah bagian dari pertukaran tawanan untuk 180 laskar ISIS.

Koran The Times melaporkan bahwa para militan ISIS yang dibebaskan dalam kerangka tukar menukar tawanan itu diantaranya adalah tiga dari Prancis, dua Inggris, dua Swedia, dua Makedonia, seorang Swiss dan seorang Belgia.

Kabar ini dibenarkan sumber-sumber ISIS, sedangkan BBC mengutip sumber Whitehall memastikan kabar ini adalah kredibel.

Menurut  The Times kedua laskar asing ISIS dari Inggris adalah Shabazz Suleman yang masih berusia 18 tahun, dan Hisham Folkard yang berumur 26 tahun.

Menurut laporan itu pertukaran tawanan itu juga termasuk para kerabat Abu Bakr al-Iraqi, seorang tokoh senior yang dibunuh pemberontak Suriah Januari lalu.

Lusinan pejabat konsuler Turki dan keluarganya serta para perwira pasukan khusus yang ditahan ketika ISIS menguasai kota Mosul di Irak, tewlah dibebaskan.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan tidak ada uang yang dikeluarkan untuk pertukaran tawanan ini, melainkan hanya berkat negosiasi diplomatik dan politik, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014