Kami sudah komitmen tidak satu jalur dengan Koalisi Indonesia Hebat."
Yogyakarta (ANTARA News) - Pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih di Daerah Istimewa Yogyakarta sepakat membentuk presidium untuk memperkuat komitmen di tingkat daerah.

"Anggota presidium terdiri atas para Ketua Parpol KMP DIY, yaitu Golkar, Gerindra, PAN, PKS, PPP, Demokrat, dan PBB," kata Ketua DPD Partai Golkar DIY Gandung Pardiman, Selasa.

Menurut dia, pembentukan Presidium ini untuk membangun kesamaan politik dan komitmen membantu kinerja rekan-rekan KMP sebagai anggota dewan kota/kabupaten dan Provinsi.

"Nantinya Kantor Presidium itu akan dipergunakan untuk pertemuan-pertemuan parpol KMP DIY," katanya.

Ia mengatakan, tugas utama Presidium adalah memberikan keputusan-keputusan strategis di tingkat kabupaten/kota dan provinsi untuk kepentingan masyarakat luas di DI Yogyakarta.

"Kami menerjemahkan kehendak rakyat, sehingga kinerja teman-teman di dewan bisa lebih optimal," katanya.

Wakil Ketua DPW PAN DIY Nazarudin, mengatakan, selain membentuk Presidium, KMP DIY juga membentuk Tim Kerja. Keanggotaan Tim Kerja itu terdapat dua perwakilan masing-masing parpol KMP DIY.

"Tim Kerja ini nanti bertugas menjelaskan keputusan-keputusan yang sudah diambil Dewan Presidium," katanya.

Sedangkan Ketua DPD Partai Demokrat DIY Letkol (Purn) Sukedi mengatakan, pembentukan Presidiun dan Tim Kerja KMP DIY ini untuk memperkuat komitmen di daerah.

"Kami ingin tunjukan kekompakan Koalisi Merah Putih, kita itu satu tujuan untuk masyarakat, bukan hanya sekadar kepentingan parpol semata," katanya.

Menurut dia, Partai Demokrat DIY berada satu gerbong dengan KMP. "Kami sudah komitmen tidak satu jalur dengan Koalisi Indonesia Hebat," katanya. (V001/H008)

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014