Qatar dan Korea Selatan siap berbagi pengalaman mengenai bagaimana bisa sukses
Jakarta (ANTARA News) - Tiongkok siap membantu Indonesia menyiapkan atlet ke Asian Games (AG) 2018 dengan menyediakan tempat pemusatan latihan di beberapa kota selama tiga tahun menjelang pesta olahraga Asia itu, kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo.

"Tiongkok sudah menyatakan siap membantu karena tahu Indonesia ingin juga sukses prestasi. Tidak tanggung-tanggung Tiongkok bersedia membantu pemusatan latihan selama tiga tahun sampai Asian Games digelar," kata Rita dalam sarasehan dan dialog evaluasi Asian Games Incheon di Jakarta, Rabu.

Ia mengemukakan, sementara ini cabang olahraga wushu telah memasuki tahapan pembicaraan mengenai kemungkinan pengiriman belasan atlet berlatih di Beijing.

"Rencananya ada 10 atlet yang akan dikirim ke Tiongkok dalam waktu dekat," kata dia.

Ia menambahkan, Indonesia tidak perlu khawatir dengan tugas sebagai tuan rumah pada Asian Games 2018 karena sejumlah negara menyatakan siap membantu.

Tiongkok bersedia membantu karena mengetahui atlet tidak bisa berlatih di Indonesia karena akan ada perbaikan arena olahraga.

Selain Tiongkok, negara Qatar dan Korea Selatan juga bersedia mengawal Indonesia agar menjadi tuan rumah yang meraih dua kesuksesan sekaligus yakni penyelenggaraan dan prestasi.

"Qatar dan Korea Selatan siap berbagi pengalaman mengenai bagaimana bisa sukses," kata dia.

Hanya saja, ia menyayangkan, niat baik dari negara tersebut tidak bisa langsung disambut lantaran sistem olahraga nasional belum berjalan dengan baik.

Indonesia masih dihadapkan permasalahan kekurangan dana dan lemahnya koordinasi antara Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta pemerintah.

"Inilah bedanya dengan negara kita, negara lain itu sistemnya sudah berjalan dengan baik sehingga mudah. Semua sebenarnya mau membantu, tapi kita sendiri belum siap karena tidak tahu apa yang harus dikerjakan," kata dia.

Indonesia telah ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pada penyelenggaraan ajang olahraga paling bergengsi antarnegara Asia ini, pemerintah berencana menggelar di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan.

Pada Asian Games di Inchoen yang baru lalu, Indonesia berada pada urutan 17 dengan meraih empat emas, lima perak, dan 11 perunggu atau turun dua peringkat dari sebelumnya.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014