Mereka rencananya bakal dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan
Padangpariaman, Sumbar, (ANTARA News) - Tim SAR gabungan menemukan lima pendaki yang hilang di Gunung Tandikat, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.

Kelima pendaki itu ditemukan dalam kondisi selamat. "Mereka ditemukan sekitar 2.400 meter di Gunung Tandikat,"kata Kepala seksi Operasi Basarnas Padang, Juanda Sodo di Pariaman, Selasa.

Kelima pendaki yang hilang di Gunung Tandikat itu yakni Daniel Febriansyah, Iken, Budi, Boy, serta Riswandi

Kelima pendaki gunung itu ketika ditemukan tim SAR dalam kondisi lemas, dan dua orang mengalami cedera.

"Tim SAR membawa kelima pendaki tersebut dengan menggunakan tandu. Mereka dalam kondisi lemas," katanya.

Untuk mencari pendaki yang hilang itu, Basarnas Padang menurunkan 10 personel.

"Pencarian juga dibantu BPBD Padangpariaman, BPBD Padangpanjang, pihak kepolisian, PMI, serta mahasiswa pencita alam yang ada di Kota Padang, dan Padangpanjang," kata Sodo.

Tim SAR memperkirakan evakuasi kelima pendaki di Gunung Tandikat tersebut bisa selesai nanti sore dan mereka sudah turun ke bawah.

"Mereka rencananya bakal dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,"katanya.

Ia menjelaskan, kelima pendaki Gunung Tandikat yang hilang itu merupakan mahasiswa STMIK Padang. "Mereka yang hilang tersebut mengalami kelelahan di Gunung Tandikat,"katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima Basarnas Padang, kelima mahasiswa STMIK melakukan pendakian dari kaki Gunung Singgalang, menuju Gunung Tandikat pada Sabtu pagi (11/10).

"Mereka seharusnya turun dari Gunung Tandikat pada Minggu (12/10) siang hari, namun karena kelelahan akhirnya tersesat di gunung itu,"kata Sodo.

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014