Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 1.233 orang kehilangan tempat tinggalnya akibat kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk Komplek Pomdam Jaya Berlan, Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

"Yang menjadi korban ada sebayak 1.233 jiwa dari total 267 rumah dengan 495 kepala keluarga," kata Lurah Kebon Manggis Zainul Arifin di Jakarta, Selasa malam.

Zainul menjelaskan 267 unit rumah yang dilalap si jago merah tersebut terbagi ke dalam empat lingkungan RT yang berlokasi di RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan matraman dan membuat kerugian materil hingga miliaran rupiah.

"267 rumah yang terkena dampak dari bencana kebakaran tersebut berada di empat RT dengan rincian di RT 08 terdapat lima rumah, satu rumah di RT 16, yang menjadi korban di RT 18 ada 145 rumah dan di RT 25 ada 115 unit rumah," katanya.

Sampai berita ini diturunkan penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti karena masih menunggu olah Tempat Kejadian Perkara oleh pihak Kepolisian dari Resor Metro Kota Jakarta Timur.

"Untuk sementara masih diduga api berasal dari hubungan arus pendek di rumah salah satu penghuni di komplek Pomdam Jaya Berlan antara RT 18 atau 25," ujar Zainul.

Zainul juga mengatakan saat ini pengungsi membutuhkan bantuan kemanusiaaan segera berupa makanan dan minuman untuk bayi dan pengungsi, air bersih, pakaian layak, selimut, tikar dan perlengkapan keperluan wanita.

Petugas mengerahkan 300 personel untuk memadamkan api dan mengamankan wilayah serta 36 unit mobil pemadam kebakaran yang merupakan gabungan antara wilayah timur, utara dan Jakarta Pusat.

Dari laporan yang diterima, kebakaran yang diduga berasal dari dalam perkampungan padat penduduk tersebut mulai terjadi sekitar pukul 14.30 dan berhasil dijinakan oleh petugas pemdam kebakaran gabungan tiga jam kemudian. (*)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014