Younde (ANTARA News) - Kamerun mengatakan tentaranya telah menewaskan 107 pejuang Boko Haram dalam pertempuran sengit pekan ini di utara.

"Pertempuran sengit yang langka" terjadi di dua daerah di utara pada Rabu dan Kamis dan juga mengakibatkan kematian delapan tentara, kata Kementerian Pertahanan, Jumat, dalam satu pernyataan yang dibacakan di radio pemerintah, seperti dikutip AFP.

Namun tidak mungkin untuk memverifikasi informasi maupun jumlah korban secara independen.

Kementerian itu mengatakan bahwa, Rabu malam, para pejuang bersenjata Boko Haram melakukan perjalanan dengan kendaraan lapis baja menyeberang perbatasan dari Nigeria ke kota-kota Amchide dan Limani, memicu pertempuran sengit dengan tentara Kamerun.

Setelah jeda, pertempuran dilanjutkan pada Kamis dan pasukan Kamerun mendorong balik unit Boko Haram kembali melintasi perbatasan, katanya.

Sebuah tangki, truk pick-up dan mobil Peugeot dikemas dengan amunisi dan bahan peledak dihancurkan oleh tentara, katanya.

"Beberapa senjata ringan dan berat disita," katanya. "Ketenangan telah kembali dan kekuatan pertahanan kami berada dalam kendali wilayah perbatasan," katanya.

Kamerun berbagi perbatasan lebih dari 2.000 kilometer (1.200 mil) dengan Nigeria, di mana Boko Haram telah melancarkan pemberontakan berdarah sejak tahun 2009 dan diperkirakan 10.000 orang tewas.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014