Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo dan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono akan duduk berdampingan saat pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden pada Senin 20 Oktober mendatang.

Mereka berdua mendudui kursi yang terletak di sebelah kanan panggung atau podium tempat pimpinan MPR RI duduk, sedangkan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla akan duduk berdampingan dengan Wakil Presiden Boediono. Keduanya duduk di kursi sebelah kiri podium.

Sebelum pengucapan sumpah, Jokowi duduk di sebelah kiri SBY, namun begitu selesai mengucapkan sumpah, posisi duduk Jokowi dan SBY akan bertukar. Hal sama juga terjadi pada Jusuf Kalla dan Boediono.

Sedangkan Ani Yudhoyono, Iriana Widodo, Herawati Boediono, Mufidah Kalla, Soraya Zulkifli Hasan, mantan presiden Megawati Soekarnoputri, mantan presiden BJ Habibie, mantan wakil presiden Hamzah Haz, mantan wakil presiden Try Sutrisno, para menteri kabinet Indonesia Bersatu II, para ketua umum partai politik dan keluarga Jokowi akan ditempatkan di BOX B.

Sedangkan para kepala negara/pemerintahan dan para pejabat tinggi negara asing; Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Papua Nugini Peter O' Neill, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Perdana Menteri Australia Tonny Abbot, utusan khusus pemerintah Jepang Yasuo Fukuda, Deputi PM Thailand, dan lainnya ditempatkan di BOX B atau sebelah kiri podium di bawah kameramen dan foto.

Duta besar negara-negara sahabat dan korps diplomatik ditempatkan di sayap kanan dari podium.

Pewarta: zyul sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014