Surabaya (ANTARA News) - Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf mempersilakan masyarakat mengadakan "pesta rakyat" untuk merayakan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, asalkan acaranya berlangsung dengan tertib.

"Silakan saja mengadakan pesta rakyat, yang penting tidak menimbulkan gangguan kamtibmas," katanya setelah memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden-Wapres di lapangan Mapolda Jatim di Surabaya, Senin.

Di sela apel yang diikuti Ketua DPRD Jatim H Halim Iskandar dan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Suprodjo WS, ia menyebut tiga titik "pesta rakyat" di Surabaya.

"Di sini ada di Grahadi, Tugu Pahlawan, dan Tambaksari, tapi di seluruh Jatim telah kita kerahkan 14.060 personel yang mengamankan pusat-pusat keramaian dan objek vital," katanya.

Di hadapan 1.580 peserta apel dari jajaran Polda Jatim, TNI AD, TNI AL, Marinir, Gartap Surabaya, Polrestabes Surabaya, Kompi Ranmor, dan perwakilan KPU-Bawaslu Jatim, ia menyampaikan terima kasih kepada segenap personel TNI, Polri, dan masyarakat.

"Terima kasih kepada jajaran TNI, Polri, dan masyarakat, karena situasi di Jati cukup kondusif sejak awal pendaftaran, pencalonan, kampanye, hingga pelantikan," katanya.

Menurut dia, situasi Jatim yang kondusif itu merupakan wujud dari kebersamaan. "Ke depan, kita tetap waspada dan tidak mempertaruhkan negara untuk kepentingan sesaat," katanya.

Sebelumnya, Polda Jatim telah mengirimkan 210 personel Brimob Polda Jatim untuk BKO (bawah kendali operasi) ke Polda Metro Jaya dalam pengamanan pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Mereka bertugas sejak 15 Oktober hingga 22 Okrtober.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Jatim H Halim Iskandar menyamppaikan terima kasih kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang telah 10 tahun memimpin Indonesia dengan sangat baik.

"Kami juga mengucapkan selamat bertugas kepada Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, semoga Indonesia semakin maju," kata legislator yang juga Ketua DPW PKB Jatim itu.

Sementara itu, DPD PDIP Jatim mengadakan nobar (nonton bareng) pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di Sekretariat DPD PDIP Jatim di Jalan Kendangsari, Surabaya.

Sebelumnya (19/10), DPD PDIP Jatim juga telah mengirimkan 80 anggota Satgas PDIP Jatim ke Jakarta untuk mendukung pengamanan "pesta rakyat" di lapangan Monas Jakarta.

Pewarta: Edy M Ya'kub
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014