Jakarta (ANTARA News) - Pengamat lingkungan dan pembangunan perkotaan Marco Kusumawijaya mengharapkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia berbasis lingkungan.

"Seharusnya pembangunan berkelanjutan itu dilakukan dengan dasar satu pilar yaitu didasarkan pengelolaan lingkungan," ucap Marco di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan konsep yang selama ini dipakai dalam rangka pengembangan berkelanjutan itu kurang tepat karena konsep pembangunan tidak dilaksanakan berdasar lingkungan tetapi masih tumpang tindih dengan konsep lain.

"Kurang tepat, karena konsep sekarang ini masih tumpang tindih. Misalnya dengan sektor ekonomi dan sosial," ujarnya.

"Memang tidak mudah dan perlu kesabaran tapi kesejahteraan itu pasti akan mengikuti, baik dari sisi ekonomi atau pun yang lainnya. Contohnya orang-orang dulu itu waktu hutan dan lingkungan masih bagus mereka tenang-tenang saja karena semua sudah tersedia di alam," tuturnya.

Di sela-sela rangkaian seminar dalam acara Indonesia Youth Conference (IYC) 2014, ia mengimbau kaum muda agar dapat mencintai lingkungan sehingga mampu menjaga dan mengembalikan alam Indonesia yang makmur.

"Generasi muda harus mampu melestarikan lingkungan dan jangan sampai kaum muda terjebak dalam sistem yang merusak lingkungan. Jangan hanya demi ekonomi merusak alam," katanya.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014