counter

Hasil pertandingan dan klasemen penyisihan Piala Afrika 2015

Hasil pertandingan dan klasemen penyisihan Piala Afrika 2015

Timnas Nigeria (AFP PHOTO/JEWEL SAMAD)

Abuja (ANTARA News) - Juara bertahan Piala Afrika Nigeria mengalahkan Kongo Brazzaville 2-0, Sabtu, untuk menguatkan asa lolos ke Piala Afrika 2015, sedangkan Afrika Selatan dan Kamerun memastikan kehadirannya pada putaran final turnamen ini.

Afrika Selatan mengalahkan Sudan 2-1 pada laga pertama sejak terbunuhnya kapten Senzo Meyiwa untuk memuncaki Grup A, sedangkan Kamerun mengatakan Republik Demokratik Kongo 1-0 guna memimpin Grup D.

Zambia mengatasi tuan tumah Mozambique 1-0 di Maputo untuk lolos dari Grup F bersama dengan pemuncak grup Kepulauan Cape Verde.

Burkina Faso dan Gabon sudah memastikan lolos mewakili Grup C.  Burkina Faso menaklukkan Lesotho 1-0 di Maseru, sedangkan Gabon menahan seri tanpa gol Angola di Luanda. Sehari sebelumnya, Tunisia yang ditahan seri 0-0 oleh Botswana juga maju ke putaran final.


Dua gol pada babak kedua dari Ikechukwu Uche dan Aaron Samuel ke gawang Kongo di Pointe-Noire menaikkan prospek lolosnya Nigeria mendampingi Guinea Equatorial yang lolos karena menjadi tuan rumah menggantikan Maroko.

Nigeria kini tinggal mengalahkan pemuncak grup Afrika Selatan di Uyo, Rabu pekan depan, demi memastikan lolos otomatis mendampingi Bafana Bafana apa pun hasil pertandingan Kongo melawan Sudan pada hari yang sama.

Striker Villarreal Uche merayakan kembali ke Elang Super ketika pada menit 59 mengonversi tendangan penalti setelah kiper Kongo Massa mengganjal Emmanuel Emenike.

Kongo gagal menyamakan kedudukan pada menit 65 karena Vincent Enyeama berhasil menggagalkan tendangan penalti Thievy Bifouma setelah Godfrey Oboabona hand ball di dalam kotak penalti.

Pemain pengganti Aaron Samuel kemudian memastikan kemenangan Nigeria semenit sebelum waktu 90 menit usai ketika dia melepaskan tendangan di dalam kotak penalti.

Afrika Selatan memastikan tiket mereka dengan menaklukkan Sudan di Durban dengan mencatat rekor poin tertinggi 11 poin hasil dari lima laga sehingga mereka tidak akan berada dalam posisi tertekan saat bertamu ke Nigeria, Rabu.

Gelandang Ajax Thulani Serero mencetak gol internasional pertamanya untuk Afrika Selatan pada menit 38, lalu digandakan Tokelo Rantie pada menit 53, sedangkan Sudan menciptakan satu gol balasan dari penyerang klub Al Hilal Salah Ibrahim pada menit 77.

Kamerun memenangkan pertandingan menentukan Grup D berkat gol Vincent Aboubakar ketika melawan Republik Demokratik Kongo di Yaounde.

Di Kampala, Uganda mengatasi Bintang Hitam Ghana 1-0 setelah kedua tim bermain seri 1-1 di Kumasi tiga bulan lalu, berkat gol semata wayang Savio Kabugo pada menit 10. Uganda akan dijajal Guinea pada pertandingan terakhir, sedangkan Ghana menjamu Togo.

Malawi menghidupkan asa lolos ke putaran final Piala Afrika setelah menghempaskan Mali 2-0 di Stadion Kamuzu Banda di  Blantyre, berkat dua gol babak kedua dari Robert Ngambi dan Kanyenda yang adalah kemenangan kedua mereka pada kualifikasi.

Malawi kini mengemas enam poin hasil dari lima pertandingan, sama dengan Mali, sedangkan Aljazair  sudah memastikan lolos.

Rabu pekan depan, Mali menjamu juara grup Aljazair, sedangkan Malawi bertandang ke Ethiopia, demikian AFP.

Klasemen Piala Bangsa-bangsa Afrika 2015.


Grup A 

PosisiTim MainM
SK
Poin
1Afrika Selatan 3120 5
2Kep. Cape Verde
 3120 5
3Maroko 3030 3
4Angola 3012 1

Grup B 
 
PosisiTim MainM
S
K
Poin
1Ghana 3210 7
2Mali 3111 4
3RD Kongo 3030 3
4Niger 3012 1

Grup C 
 
PosisiTim MainMS
KPoin
1Burkina Faso 3120 5
2Nigeria 3120 5
3Zambia 3030 3
4Ethiopia 3012 1

Grup D 
 
PosisiTim MainMS
K
Poin
1Pantai Gading 3210 7
2Togo 3111 4
3Tunisia 3111 4
4Aljazair 3012 1



Nigeria Ingin Tingkatkan Kerja Sama Migas dan Pertanian

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar