Madrid (ANTARA News) - Defisit perdagangan Spanyol mencapai 18,85 miliar euro (23,47 miliar dolar AS) selama periode Januari-September tahun ini,  naik 71 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2013.

Menurut data yang diterbitkan oleh Kementerian Ekonomi dan Daya Saing Spanyol, seperti dikutip Xinhua,
impor dan ekspor meningkat dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Impor naik enam persen tahun-ke-tahun menjadi total 197,24 miliar euro berkat kinerja yang lebih baik dari permintaan domestik Spanyol, kata kementerian itu.

Sementara, ekspor meningkat 1,9 persen tahun-ke-tahun menjadi total 178,39 miliar euro.

Ekspor ke negara-negara zona euro meningkat 4,5 persen atau mencapai 49,9 persen dari total, sedangkan ke negara-negara ketiga turun 2,1 persen tahun-ke-tahun yang mewakili 36,3 persen dari total.

Menteri Perdagangan Jaime Garcia-Legaz, mengatakan Spanyol akan mengakhiri 2014 dengan defisit perdagangan terendah dalam 40 tahun terakhir.

Garcia-Legaz, yang menyajikan laporan tentang ekonomi Spanyol pada Jumat lalu, yakin bahwa Spanyol akan mengekspor lebih banyak untuk memperkuat ekonominya.

Dia menekankan bahwa 90 persen dari pertumbuhan PDB global akan berada di luar Uni Eropa padai tahun-tahun mendatang, sehingga Spanyol harus fokus ke pasar-pasar Asia, Amerika Serikat dan Afrika.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014