Istanbul (ANTARA News) - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia dan Utusan Presiden Mikhail Bogdanov bertemu dengan para pemimpin Koalisi Nasional Suriah di Istanbul, Minggu, untuk membahas perkembangan terbaru krisis negara itu.

Pemimpin koalisi Hadi Bahra, para anggota oposisi, dan utusan Rusia membahas perlunya untuk cepat menemukan solusi guna mendorong perundingan-perundingan dan menghormati keinginan rakyat Suriah, kata pernyataan koalisi tersebut.

Pernyataan itu menambahkan, kedua pihak menyepakati komunike Jenewa yang harus menjadi dasar bagi semua perundingan di masa depan.

Pihak koalisi menekankan bahwa mereka dipanggil Rusia untuk menjadi bagian dari kekuatan internasional guna mempercepat langkah solusi politik atas krisis yang terjadi, termasuk memaksa rezim Suriah untuk melakukan hal yang sama, dan meyakinkan rezim Suriah atas ketidakmampuan menyelesaikan krisis melalui kekuatan militer.

Sementara itu, utusan Rusia mengatakan senang bertemu dengan para anggota koalisi, dan telah membuka dialog tidak resmi dan tanpa syarat sebagai tahap pertama untuk setiap perundingan dengan rezim Suriah, demikian laporan Kuwait News Agency.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014