Brussels (ANTARA News) - Layanan penerbangan dan kereta internasional di Ibu Kota Belgia, Brussels, sangat terganggu pada Senin (8/12), saat pegawai sektor usaha dan layanan lokal melancarkan mogok guna menentang kebijakan ekonomi pemerintah.

Layanan kereta ke Prancis, Belanda dan Jerman terganggu oleh pemogokan tersebut, kata Xinhua. Angkutan kereta, metro dan bus lokal di Brussels serta wilayah tetanggnya, Flemish Barabant juga terhenti.

Layanan Eurostar dari Brussels ke London juga terhenti.

Penerbangan ke dan dari ibu kota Belgia tersebut terganggu, sementara media lokal memberitakan 267 penerbangan dari Bandar Udara Internasional Brussels dibatalkan pada Senin.

Kegiatan usaha di Brussels dan Flemish Brabant ditutup saat pemogokan meluas ke daerah komersial, termasuk satu daerah komersial utama di ibu kota Belgia, Rue Neuve. Polisi menangkap 19 pemrotes yang berusaha memblokade jalan.

Gangguan tersebut adalah aksi paling besar dalam serangkaian protes regional yang berlangsung guna menentang pemerintah, yang direncanakan mencapai puncaknya dalam pemogokan umum pada 15 Desember.
(C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014