Keduanya harus buat kesepakatan baru dan cari pemimpin baru"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas IX Golkar di Nusa Dua, Bali, Fadel Muhammad menilai islah adalah hal terbaik yang harus dilakukan partainya.

"Saya pikir yang terbaik adalah islah oleh kedua belah pihak," kata Fadel di Jakarta, Selasa.

Ia menyebut beberapa alternatif agar tercipta islah.

"Alternatif itu yang akan dibahas siang ini bagaimana kubu Aburizal Bakrie dan dan kubu Agung Laksono berembuk. Apakah kepengurusan gabungan atau diadakan munas islah. Jadi saya pikir bahwa tidak ada cara lain, kecuali islah," kata Ketua Komisi XI DPR RI ini.

Selain islah sebagai jalan keluar dari dualisme ini, Fadel juga mengingatkan pemecatan yang dilakukan oleh kedua kubu harus dihapus.

"Untuk islah harus fair, misal dulu kubu Agung pernah pecat ARB dan sebaliknya, maka harus dihapus dan dipulihkan. Keduanya harus buat kesepakatan baru dan cari pemimpin baru," kata dia.

"Kita siang ini akan ketemu guna membicarakan masalah ini. Tokoh senior Golkar seperti Habibie, Akbar Tanjung, Ginandjar Kartasasmita, Muladi akan turun untuk mencari solusi," sambung Fadel.

Fadel juga menilai positif keputusan Menteri Hukum dan HAM yang disebutnya sebagai langkah tepat karena pemerintah tidak mau mencampuri urusan internal Golkar.

"Ya ada benarnya putusan Menkumham itu," pungkas Fadel.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014