Bogor (ANTARA News) - Memasuki liburan Natal dan Tahun Baru 2015 jalur Puncak sudah diberlakukan sistem satu arah atau One Way dari Jakarta menuju Puncak maupun sebaliknya.

"Jakarta menuju Puncak di tutup pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, Jadi hanya berlaku arus satu arah dari Cianjur menuju Jakarta," kata Kasatlantas Polres Bogor Akp Bramastyo Priaji di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Ia mengatakan penutupan arus Jakarta menuju Puncak untuk mengurangi penumpukan kendaraan ke lokasi wisata yang ada di jalur Puncak, karena jarak tempuh arus kendaraan dari Jakarta ke Puncak atau pun Cianjur menuju Puncak sekitar 1 jam.

Sedangkan, jalur Cianjur menuju Jakarta di tutup dan berlaku satu arah dari Jakarta menuju Puncak dan Cianjur mulai pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang ingin melalui jalur Puncak pada pagi dan sore diharapkan melalui jalur alternatif untuk terhindari penumpukan kendaran dari sistem arus satu arah.

"Pemberlakuan arus satu arah memang sudah rutin diberlakukan setiap sabtu, minggu dan hari liburan sekolah," katanya.

Ia mengatakan menurut pantauan tim pos pam Satlantas Polres Bogor arus kepadatan kendaraan sudah terjadi sejak pukul 06.00 WIB di tol jagorawi.

Sesuai data yang sudah masuk di Pos Pam TMC Satlantas Polres Bogor arus lalu lintas keluar masuk gate tol Jagorawi Ciawi tanggal 24 Desember arah keluar tol menuju Puncak dan Sukabumi mencapai 32.011 kendaraan dan arus kendaraan masuk tol menuju Jakarta 26.736 kendaraan terus mengalami peningkatan.

"Pantau hari ini, pengunjung ke lokasi wisata di kawasan Puncak terus mengalami kenaikan jelang perayaan Tahun Baru 2015," katanya.

Ia memprediksikan arus puncak masyarakat yang menggunakan kendaran menuju lokasi wisata Puncak Bogor akan terjadi H-3 sebelum malam pergantian Tahun Baru 2015.

Terbukti, kata Bram, menurut data yang diterima tempat wisata seperti Taman Safari Indonesia tanggal 24 dan 25 Desember 2015 sudah mencapai 15.277 pengunjung. Sedangkan pengunjung Taman Wisata Matahari 8.676 pengunjung dan Jungleland Sentul 8429 pengunjung.

Operasi lilin lodaya 2014 operasi giat masyarakat meningkatkan keamanan saat libur sekolah dan libur bersama di jalur Puncak Bogor. Polres Bogor juga mendapatkan bantuan 50 unit sepeda motor dari Polda Jabar untuk meningkatkan kinerja tim pengamanan di jalur Puncak.

"Ingat, Jalur Puncak, kami tutup jadi satu arah mulai pukul 18.00 WIB 31 Desember 2015 hingga 1 Januari 2015," kata Kasatlantas Polres Bogor.

Puncak kembali dibuka pada pukul 06.00 WIB 1 setelah pergantian malam tahun baru. Jika masyarakat tetap ingin melakukan perjalanan pada 31 Desember 2014 harus melewati jalur alternatif Jonggol dan Ciawi untuk sampai ke tempat wisata di kawasan puncak.

Kasatlantas Polres Bogor menghimbau kepada masyarakat yang ingin berlibur dan berwisata menikmati perayan malam pergantian tahun di Puncak harus datang sebelum tanggal 31 Desember 2015.

Namun, sebelum hari H buka tutup jalur puncak tetap dilakukan agar mengurangi kepadatan kendaraan dan kecelakaan menuju kawasan wisata. 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014