Manggar (ANTARA News) - Tim SAR Terpadu Provinsi Bangka Belitung akan memokuskan pencarian titik hilang pesawat AirAsia QZ8501 di sekitar Pulau Long yang berjarak sekitar 50 mil dari Pelabuhan Manggar, Belitung Timur.

"Pada hari ketiga pencarian, kami memfokuskan di tiga titik yaitu Pulau Long, Karang Barat dan Karang Tiung dengan luas pencarian 280 mil," kata Komandan Pos TNI AL Manggar Letda Laut Purwanto di Manggar, Selasa.

Ia mengungkapkan ada tiga kapal yang diberangkatkan dengan kekuatan personel masing-masing kapal 15 hingga 20 orang.

"Jumlah personel yang berangkat hari ini dikurangi untuk mengurangi daya apung. Sebelumnya kami mengerahkan sebanyak 30 personel setiap kapal," ujar dia.

Ia menyatakan, saat ini tim pencarian masih berkumpul di Posko SAR Terpadu Manggar karena masih menunggu informasi dari Basarnas untuk keberangkatan menuju titik yang sudah ditetapkan.

"Semua tim sudah siap, sekarang masih menunggu informasi dari Basarnas dan kondisi cuaca yang belum memungkinkan," katanya.

Ia menyatakan, pencarian pada hari ketiga dibagi menjadi dua sektor yaitu sektor empat dan sektor sembilan di Belitung Timur dan Belitung.

"Sektor empat memokuskan pencarian di seputaran Pulau Long, sementara sektor sembilan terkosentrasi di Belitung yaitu arah Selatan perairan daerah itu," papar dia.

Menurut dia, kondisi medan tempuh di perairan Pulau Long saat ini beralur relatif kecil, bercuaca buruk dan bergelombang tinggi.

"Namun demikian penyisiran masih aman untuk wilayah pinggiran pantai di sekitar pulau-pulau kecil daerah itu," tutup dia.





Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014