Ambon (ANTARA News) - Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan, malam pergantian tahun 2014 dipusatkan di kawasan Jembatan Merah Putih (JMP) Galala, Kota Ambon.

"Walaupun pembangunan jembatan merah putih belum selesai, tetapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sepakat untuk memusatkan perayaan malam pergantian tahun baru 2014 di atas JMP," katanya di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, perayaan malam pergantian tahun yang mulai pukul 21.00 WIT hingga Kamis (1/1) dini hari diwarnai pesta kembang api dari atas Jembatan merah putih dan hiburan rakyat.

"Perayaan malam pergantian tahun juga akan diwarnai pesta kembang api dari atas jembatan, serta serentak dari beberapa titik di kota Ambon saat pergantian tahun yakni tepat pukul 24.00 WIT," katanya.

Menurut Richard, pesta kembang api dan hiburan dilakukan sebagai bentuk ungkapkan syukur atas kebesaran Tuhan yang telah menyertai sepanjang tahun 2014.

Perayaan malam pergantian tahun yang dipusatkan di JMP, juga bertujuan untuk menunjukan perkembangan pembangunan jembatan yang akan menjadi ikon Kota Ambon.

"Ini sebenarnya merupakan kegiatan serimonial pergantian akhir tahun berupa pesta kembang api yang tujuannya adalah mengungkapkan syukur atas kebesaran Tuhan, sekaligus berbagi sukacita dengan seluruh masyarakat," ujarnya.

Selain dipusatkan di JMP, pergantian tahun juga akan dilakukan di tiga lokasi lainnya yakni Kawasan Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Wayame Kecamatan Teluk Ambon dan Lapangan Merdeka.

Tiga lokasi tersebut akan dimeriahkan hiburan rakyat oleh musisi lokal yang sebelumnya mengisi kegiatan harmoni sudut kota yang digelar setiap dua kali dalam satu bulan berjalan.

"Masyarakat dapat memilih lokasi yang strategis disesuaikan tempat tinggal untuk merayakan pesta pergantian tahun, sehingga tidak semua datang ke kawasan JMP tetapi tersebar di tiga lokasi lainnya," kata Richard.

Dia menambahkan, warga Kota Ambon diminta untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban yang telah terjalin selama ini ditunjang berbagai prestasi yang diraih dapat terus ditingkatkan.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan prestasi yang diraih oleh kota ini tetap ditingkatkan di tahun 2015 mendatang," ujarnya. 

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014