Seoul (ANTARA News) - Raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung Electronics, mengungkapkan hari ini bahwa tahun baru ini akan meluncurkan televisi pintar berplatform baru dengan sistem operasi Tizen, demi mengurangi ketergantunga kepada Google.

Samsung mengatakan semua dari televisi tersambung internetnya itu akan dinyawai sistem operasi Tizen, dan akan segera mengenalkan televisi pintar Tizen untuk pertama kalinya kepada konsumen pada pameran elektronik di Las Vegas pekan depan.

"Membangun Platform Pintar kami dengan Tizen adalah langkah terobosan ke arah sistem yang lebih pintar dan terintegrasi," kata Lee Won-Jin, wakil presiden eksekutif Samsung seperti dikutip AFP.

"Tizen tidak hanya memperkaya pengalaman para konsumen kami saat ini, namun juga membuka potensi besar pada masa depan home entertainment," kata dia.

Samsung, produsen ponsel pintar terbesar di dunia, telah fokus mengembangkan sistem operasi Tizen, bersama perusahaan-perusahaan pimpinan Intel untuk mengurangi ketergantungan pada sistem operasi buatan Google, Android.

Tizen bisa diaplikasikan pada perangkat-perangkat mobile, kamera digital dan perangkat rumahan. Samsung melepas ke pasar kamera digital dan jam tangan pintar berbasis Tizen tahun ini, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015