Kuala Lumpur (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Malaysia Datuk Seri Lioe Tiong Lai mengatakan negaranya tidak memiliki masalah dengan semua rute terbang maskapai karena setiap izin yang diberikan otoritas penerbangan Malaysia (Departemen Penerbangan Sipil atau DCA) harus mengikuti pedoman yang jelas.

"Saya kira semua maskapai punya laporan cuaca namun DCA juga akan membantu pilot selama penerbangan dengan memberikan informasi laporan cuaca secara langsung dan situasi di area-area tertentu," kata dia seperti dikutip New Straits Times.

Pada bagian lain dia meminta masyarakat Malaysia tidak berspekulasi mengenai pencabutan sementara izin rute terbang AirAsia QZ8501 yang diyakini melanggar ketentuan jadwal terbang.

Datuk Seri Liow Tiong Lai meminta masyarakatnya menunggu sampai tuntasnya laporan penyelidikan di mana kini Indonesia sudah membentuk tim penyelidik untuk insiden itu.

"Ini karena pemerintah Indonesia menduga rute itu tidak legal namun pemerintah Singapura menyebut rute itu legal," kata dia.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015