Pangkalan Bun (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal Moeldoko tiba di Lanud Iskandar Pangkalan Bun menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara A-7306, Selasa siang dan langsung berangkat ke kapal USS Sampson dan KRI Banda Aceh menggunakan dua helicopter Seahawk USS Sampson milik Amerika Serikat

Kedatangan Panglima TNI tersebut untuk memantau proses evakuasi pesawat AirAsia QZ 8501.

Sebelumnya pada Senin, (5/1)  Panglima TNI menawari keluarga korban pesawat AirAsia QZ8501 ke lokasi pencarian untuk tabur bunga, sekaligus meringankan beban kesedihan karena ditinggal oleh keluarga.

"Saya menawarkannya dan dipersilahkan kalau mau ikut ke lokasi. Ini semata-mata untuk membantu mengurangi kesedihan keluarga korban," ujarnya di sela menemui keluarga korban AirAsia di Posko Crisis Centre di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin.

Untuk mengangkut keluarga korban, pihaknya menyiapkan akomodasi dan dua pesawat masing-masing Hercules C-190 dan CN-295 dari Bandara Juanda menuju Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Kemudian, lanjut Moeldoko, keluarga disiapkan kapal perang milik TNI AL untuk dibawa ke titik yang menjadi pusat pencarian dan evakuasi korban AirAsia yang hilang kontak pada Minggu (28/12).

"Kami persilakan bagi yang ikut dan secepatnya disiapkan pemberangkatan. Sekali lagi, mungkin cara ini bisa mengurangi kesedihan keluarga korban," ujarnya.

Pewarta: Jaya Wirawana Manurung
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015