Surabaya (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membantu menyisir dan mencari korban pesawat AirAsia QZ8501 di sekitar lokasi penemuan.

"Saya minta Bu Susi membantu dengan mengkoordinasikan nelayan-nelayannya karena siapa tahu menemukan korban saat melaut," ujarnya kepada wartawan di Posko Crisis Center Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Sabtu.

Ia menjelaskan, saat ini pusat pencarian korban tidak hanya di sekitar area laut, namun juga di sekitar pantai karena tidak menutup kemungkinan korban bisa ditemukan di sekitar pantai.

"Area pencarian diperluas. Kami berupaya semaksimal mungkin agar bisa menemukan semua penumpang, baik yang masih hidup maupun yang tidak," kata dia.

Pihaknya juga mengaku telah memaksimalkan semua tim pada kementerian dan Dinas Perhubungan untuk membantu upaya pencarian korban.

Di sela pertemuannnya dengan para keluarga korban, Jonan meminta masyarakat sabar karena Basarnas terus berupaya menemukan korban lainnya.

Ia juga berharap keluarga korban tidak berputus asa dan terus berdoa agar tim evakuasi di lokasi pencarian tetap maksimal.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja melakukan pencarian kepada seluruh penumpang," kata dia.

Di tempat yang sama, Ketua Basarnas Jatim Hernanto menjelaskan tim evakuasi tidak bekerja hanya di laut, melainkan di darat dan sekitar pantai juga.

"Tim sudah memperluas area pencarian. Semoga korban segera ditemukan dan Basarnas tidak akan pernah berhenti maupun menyerah," katanya.




Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015