Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto meminta kepada seluruh anggota DPR RI untuk bersungguh-sungguh menjalankan tugas konstitusional, sebagaimana telah diamanatkan rakyat.

"Kita satukan hati dan rasa membangun kolektivisme kerja untuk menjalankan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan atas kerja pemerintah. Karena rakyat telah menanti kinerja DPR RI," kata Novanto dalam pidato pembukaan Masa Sidang II DPR RI 2014-2015, di Ruang Rapat Paripurna II, Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin.

Di bidang legislasi, Novanto mengatakan, pada masa sidang ini DPR RI akan segera menyusun Program Legislasi Nasional (Prolegnas) yang merupakan daftar Rancangan Undang-Undang (RUU) sebagai acuan pelaksanaan fungsi legislasi DPR selama lima tahun kedepan.

"Ini penting untuk diperhatikan. Prolegnas harus realistis serta sesuai dengan arah hukum yang hendak diwujudkan, sehingga dapat diselesaikan bersama oleh DPR dan pemerintah secara tepat waktu," kata dia.

Oleh karena itu, pada masa sidang yang baru ini, komisi-komisi DPR RI dapat segera menjalankan tugas penyusunan dan pembahasan RUU sesuai dengan komisi masing-masing.

"Berdasarkan UU MD3 dan ketentuan Pasal 103 ayat (3) dan Pasal 184 Peraturan DPR menyiratkan setiap anggota DPR RI memiliki hak mengajukan usul RUU," katanya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015