Festival tersebut diadakan diberbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Medan sehingga mereka akan melihat potensi perdagangan di daerah-daerah yang dikunjungi tersebut,"
Jakarta (ANTARA News) - Festival budaya India di Indonesia dengan nama "Sahabat India" yang berlangsung dari Januari hingga Mei 2015 diharap dapat meningkatkan perdagangan terutama pada tekstil.

"Festival tersebut diadakan diberbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Medan sehingga mereka akan melihat potensi perdagangan di daerah-daerah yang dikunjungi tersebut," kata Direktur Jenderal untuk Hubungan dan Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri, Esti Andayani di J.W Marriot, Jakarta, Rabu malam usai pembukaan acara "Sahabat India".

Ia mengatakan selama ini India dan Indonesia sangat banyak melakukan pedagangan terutama di bidang tekstil.

Menurutnya banyak pengusaha India yang mempunyai pabrik tekstil di Indonesia yang kemudian untuk di jual ke negara lain, begitu juga sebaliknya.

Selain perdagangan, kata dia festival tersebut juga berupaya untuk mengenalkan kebudayaan India yang juga telah teralkulturasi dengan budaya Indonesia.

Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Gurjit Singh berharap dengan acara ini dapat meningkatkan hubungan bilateral ke dia negara.

Acara tersebut didukung oleh Kementerian Luar Negeri, Kebudayaan, Pariwisata dan Tekstil Pemerintah India dan Dewan India untuk Hubungan Budaya.

Sahabat India menghadirkan lebih 30 acara yang tersebar di 15 kota di Indonesia.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015