Bandung (ANTARA News) - Sejumlah warga yang mengatasnamakan Barisan Tatar Bojonagara (Batara) melakukan aksi memprotes lambang Hotel Zodiak, di Jalan Sutami, Kota Bandung, Senin.

"Kami melakukan aksi ini karena adanya pemasangan menyerupai lafadz Allah dalam posisi terbalik ini sangat mengganggu dan meresahkan umat Islam. Kami berharap logo itu diganti," kata Didin M Fajar, Koordinator Aksi Batara.

Unjuk rasa dilakukan di depan Hotel Zodiak yang memasang logo rasi bintang Virgo. Mediasi berlangsung alot, dan akhirnga warga dan manajemen hotel memutuskan mendatangi MUI Jawa Barat untuk berkonsultasi.

"Kami tetap minta agar logo itu diganti agar tidak menimbulkan masalah. Kami berkonsultasi dengan MUI," kata Fajar.

Sementara itu pihak hotel tidak berniat memasang logo yang mengganggu umat, karena logo itu rasi bintang Virgo.

"Terkait usulan dari Batara, pihak manajemen tidak bermaksud melecehkan siapapun dan kelompok manapun," kata Nurdin Muhammad, petugas hukum Kagum Group yang mengelola hotel.

Pihaknya bersama warga mendatangi MUI Kota Bandung untuk melakukan konsultasi bersama. Pihaknya juga siap mengubah logo itu bila menurut MUI harus diubah atau diganti.

"Kami langsung ke MUI dan mendorong agar keputusannya hari ini agar bisa selesai secepatnya," katanya.

Ia menyebutkan Hotel Zodiak menggunakan logo dengan rasi bintang masing-masing di Bandung ada lima hotel semua logonya berbeda sesuai dengan gambar rasi bintang.

"Bentuk logonya memang seperti itu, bukan keinginan kami tapi dari rasi bintang internasional sudah begitu," katanya.

Sementara itu Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, KH Rafani Achyar, seusai menerima warga dan manajemen hotel itu menyatakan harusnya pihak pengusaha hotel bisa lebih bijaksana dalam pemilihan logonya. Hal itu tergantung kesadaran pengusaha pada hal yang sensitif.

"Kalo terlalu mirip, kenapa tidak cari logo yang lain," katanya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015