Tujuan Setkab memberikan dukungan teknis, administrasi, dan pemikiran yang prima dalam rangka mendukung Presiden menjalankan kekuasaan pemerintahan,"
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto memaparkan Rencana Strategis Setkab 2014-2019 kepada Komisi II DPR RI, salah satunya terkait tujuan memberikan dukungan teknis kepada presiden dalam menjalankan pemerintahan.

"Tujuan Setkab memberikan dukungan teknis, administrasi, dan pemikiran yang prima dalam rangka mendukung Presiden menjalankan kekuasaan pemerintahan," kata Andi dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI di Jakarta, Rabu.

Andi menjelaskan Setkab memiliki sasaran strategis dalam mendukung kerja presiden, pertama terwujudnya peningkatan kualitas hasil analisis kebijakan. Kedua menurut dia terwujudnya peningkatan kualitas penyelesaian Peraturan Presiden, Keputusan Presiden, dan Instruksi Presiden.

Dia mengatakan sasaran strategis ketiga terwujudnya peningkatan kualitas pengelolaan persidangan kabinet.

"Keempat terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan administrasi aparatur yang wewenang penetapannya di tangan presiden. Dan kelima terwujudnya peningkatan layanan informasi yang responsif dan transparan," ujarnya.

Andi memaparkan arah kebijakan Setkab yaitu memberikan dukungan teknis, administrasi, dan pemikiran kepada presiden secara optimal.

Dia menjelaskan untuk mencapai arah kebijakan itu, Setkab telah memiliki enam strategi yaitu pertama meningkatkan sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas. Kedua menurut dia meningkatkan kelembagaan dan ketatalaksanaan yang efektif.

"Ketiga strategi meningkatkan pemanfaatan sistem informasi melalui penyelenggaraan e-government," katanya.

Dia menjelaskan strategi keempat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan. Kelima meningkatkan kualitas efektivitas pengelolaan sarana dan prasarana serta keenam meningkatkan kualitas pengawasan internal.

"Kami memiliki program dukungan manajemen dan pelaksanaan teknis lainnya di Setkab," ujarnya.

Andi mengatakan beberapa program dan kegiatan Setkab antara lain pengelolaan dan pengembangan pegawai serta pengkajian dan penyusunan organisasi serta ketatalaksanaan di lingkungan Setkab. Dan pelaksanaan manajemen perencanaan keuangan, evaluasi, dan akuntabilitas kinerja.

RDP tersebut dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPR RI Wahidin Halim dan juga dihadiri para anggota Komisi II DPR RI serta seluruh jajaran Setkab.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015