Kuala Lumpur (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo akan bertemu dan menyapa ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia selama kunjungannya ke negeri ini.

"Sekitar 300 WNI yang mewakili sejumlah organisasi massa akan berjumpa dengan Presiden Jokowi," kata Wakil Duta Besar RI di Kuala Lumpur Hermono kepada ANTARA di Kuala Lumpur, Kamis.

Dia menyebutkan, pertemuan ini akan berlangsung esok Jumat di Aula Hasanuddin, Gedung KBRI Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi menginginkan lebih dekat dengan masyarakat Indonesia dan kemungkinan akan ada dialog antara presiden dan rakyatnya di negeri itu.

"Presiden ingin berbaur dengan masyarakat Indonesia," ungkap Hermono seraya menyebut pertemuan akan berlangsung satu jam.

Jokowi dikabarkan akan bertemu dengan perwakilan masyarakat dari sejumlah daerah, perwakilan pelajar dan mahasiswa, para ekspatriat, dosen, pengusaha dan perwakilan TKI.

Sementara itu, kehadiran Presiden Jokowi ke Malaysia pada 5-7 Februari, disambut positif masyarakat Indonesia di Malaysia.

Ketua Umum Persatuan Solidaritas Masyarakat Jawa (Pasomaja) di Malaysia, Ahmad Nasikin, bahkan merasa senang bisa bertatap muka dan berdialog dengan Presiden Jokowi.

"Kalau nanti diberi kesempatan, saya akan tanya soal penghentian pengiriman TKW untuk pekerja rumah tangga dan soal perceraian di kalangan TKI yang terbilang tinggi," kata dia.

Menurut dia, pengiriman TKW terutama untuk penata laksana rumah tangga jika semakin banyak akan minimbulkan masalah sehingga sebaiknya dihentikan saja.

Mengenai banyaknya kasus perceraian di kalangan TKI dan juga masalah anak-anak TKI di Malaysia, dia berkata,"Perceraian, kenakalan remaja serta pendidikan anak-anak TKI menjadi permasalahan yang cukup serius sehingga harus ada penanganan yang baik."

Bertemu Yang di-Pertuan Agong

Hari ini pukul 20.10 waktu setempat Presiden Jokowi diundang jamuan makan malam dari Raja Malaysia, Yang di- Pertuan Agong, Tuanku Abdul Halim di Istana Negara Malaysia.

Esoknya, Presiden Joko Widodo akan menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak di Putrajaya yang dilanjutkan dengan pernyataan pers dari hasil pertemuan itu.

Jumat siang, selepas salat Jumat, Presiden Jokowi akan mengunjungi industri otomotif Malaysia, Proton dan dilanjutkan bertemu dengan masyarakat Indonesia di negara ini.




Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015