Genangan air di wilayah Kebayoran Baru mulai tinggi sejak pukul 09.30 WIB...
Jakarta (ANTARA News) - Hujan yang turun sejak Minggu (8/2) malam hingga Senin sore merendam tiga wilayah Rukun Warga (RW) yang ada di kawasan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, setinggi hingga satu meter.

"Genangan air di wilayah Kebayoran Baru mulai tinggi sejak pukul 09.30 WIB, sudah membanjiri tiga RW di mana sekarang tinggi airnya sudah mencapai satu meter," kata Kepala Unit Pembinaan Masyarakat Kepolisian Sektor Kebayoran Baru Komisaris Polisi Eko Mulyadi, Senin.

Menurut Eko, tiga RW di Kebayoran Baru yang tergenang air meliputi RW 1, RW 2, dan RW 3,  yang di masing-masing lokasi telah disiagakan personil dari Kepolisian Sektor (Polsek) Kebayoran Baru dan Samapta Bhayangkara (Sabhara) untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam air.

Eko menjelaskan pada siang hari air yang menggenangi RW 1 mencapai 10cm hingga 30cm, dengan ketinggian air bervariasi di sejumlah Rukun Tetangga (RT) pemukiman warga tersebut.

Sedangkan di RW 2 banjir melanda perumahan warga di wilayah RT 2 hingga RT 14 dengan ketinggian air mencapai 20 - 40 cm.

Sementara itu, genangan air di RW 3 merupakan yang paling tinggi dibandingkan dengan dua RW sebelumnya, yaitu mencapai 30 cm hingga 50 cm, yang menyebar pada RT 1 hingga RT 15.

Namun, Eko menuturkan pada Senin sore, pukul 15.00 WIB, ketinggian air di ketiga RW tersebut sudah mencapai 100 cm atau satu meter.

"Hingga kini warga masih bertahan di rumahnya, namun lokasi pengungsian sudah disiapkan pihak Kelurahan Petogogan untuk menampung warga yang kebanjiran," ujarnya lebih lanjut.

Selain itu, anggota Polsek Kebayoran Baru juga telah mengimbau warga untuk memindahkan kendaraan mereka di sepanjang Jalan Wijaya Raya, Jakarta Selatan, agar terhindar dari banjir yang lebih tinggi, ketika hujan tidak kunjung berhenti. 

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015