Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menperkirakan Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir san kilat.

Kondisi cuaca tersebut sudah diperkirakan terjadi sejak pukul 04.00 WIB dini hari tadi. Pada pukul 05.00 WIB hujan lebat disertai petir terjadi di wilayah Cengkareng, Tangerang, Tangsel, Kalideres, Rawa Buaya, Daan Mogot, Pluit, Pademangan, Taman Sari, Ancol, Kemayoran, Tanjung Priok, Marunda, Cilincing, Kelapa Gading, dan Sunter.

Hujan lebat dan petir juga terjadi pagi tadi di Sawah Besar, Pasar Baru, Mangga Dua, Kota, Grogol, Tomang, Harmoni, Rawamangun, Pulogadung, Cakung, Bekasi, Jatiasih, Cempaka Putih, Senen, Gambir, Tanah Abang, Thamrin, Kedoya, Kbn Jeruk, Meruya, Kembangan, Joglo, Ciledug, Bintaro, Pdk Aren, Serpong, Pamulang, dan Ciputat.

Kondisi cuaca seperti itu diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10.00 WIB dan meluas ke wilayah Sudirman, Semanggi, Slipi, Palmerah, Kebayoran, Permata Hijau, Menteng, Jatinegara, Kampung Melayu, Kalimalang, Tebet, Pancoran, Pasar Minggu, Ragunan, Cilandak, Pdk Indah, Lebak Bulus, Halim, TMII, Cawang, Cililitan, Pondok Gede, Pondok Cabe, Cinere, Sawangan, Depok dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat BBM mengatakan banjir masih menggenangi beberapa wilayah. Data sementara dari BNPB mencatat ada lebih dari 3.000 jiwa pengungsi yang tersebar di berbagai tempat. "BNPB dan Pemda DKI telah mendistribusikan makanan siap saji kepada pengungsi. Personil BNPB, SRC PB, Senkom Mitra Polri, Menwa dan relawan melakukan evakuasi, distribusi logistik dan bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir," kata Sutopo.

Kondisi pintu air di Sungai Karet dan Sungai Angke Hulu masih Siaga 2. Sedangkan di Sungai Ciliwung di pintu air Manggarai, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Pulo Gadung dan Pasar Ikan statusnya Siaga 3.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015