Jakarta (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta mengungkapkan Tinggi Muka Air (TMA) di tiga pos pantau saat ini berstatus siaga satu atau sudah memasuki kategori bencana.

"Dari pantauan terakhir kami pukul 06.00 WIB ketinggian muka air di tiga lokasi sudah berstatus siaga satu," kata Kepala Bidang Informatika Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta Bambang Suryaputra kepada Antara, Selasa.

Tiga lokasi pantau tersebut antara lain di Pintu Air Karet dengan Tinggi Muka Air (TMA) 640 sentimeter (cm), lalu Pos Angke Hulu setinggi 300 cm.

Kemudian, TMA di Waduk Pluit juga terpantau siaga satu dengan ketinggian muka air 140 cm. "Hal tersebut tidak lepas dari cuaca yang terjadi dari gerimis hingga hujan yang merata di seluruh Jakarta," ujar Bambang.

Selain tiga lokasi berstatus siaga satu, BPBD juga mencatat ada dua pos berstatus siaga dua yaitu Manggarai dan Pasar Ikan dengan ketinggian muka pintu air890 dan 200 cm.

Ada kemungkinan debit air naik jika hujan terus mengguyur seluruh Jakarta dan wilayah hulu di Bogor selama seharian seperti terjadi kemarin.

Saat ini BPBD memantau cuaca di Bogor dan sekitarnya serta Depok yang sedang diguyur gerimis.

BPBD mengimbau masyarakat menggunakan layanan call center untuk meminta bantuan evakuasi atau logistik bagi yang berada di pengungsian.




Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015