Jakarta (ANTARA News) - Tim Kunjugan Kerja (Kunker) Komisi VIII DPR RI mengunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Sekolah yang terpilih menjadi model bersama 35 MAN lain di Indonesia dinilai berhasil menorehkan prestasi di tingkat provinsi bahkan nasional.

Prestasi yang diraih antara lain juara Olimpiade Ekonomi tingkat Nasional 2014, Juara I Olimpiade Matematika dan Fisika Sulut 2007 dan pernah menjuarai Cerdas Cermat UUD NRI 1945 yang dilaksanakan MPR RI.

Salah satu prestasi lain yang menarik perhatian Tim Kunker yang dipimpin oleh Sodik Mudjahid adalah Gerakan Seribu Rupiah per Hari. Program yang didukung oleh siswa, guru, komite madrasah, orang tua dan masyarakat ini berhasil membangun masjid senilai Rp1,4 miliar.

"MAN Model Manado ini patut menjadi contoh bagi sekolah lain dan ini harus kita dukung," kata politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini seperti dikutip dari laman dpr.go.id, Rabu.

Tim Kunker berkesempatan meninjau fasilitas sekolah dan mesjid swadaya di atas lahan seluas 1300 m2, yang dibangun tanpa bantuan anggaran dari pemerintah baik dari pusat maupun daerah.

Dalam kesempatan itu pula, Komisi VIII menyerahkan bantuan dana yang nantinya akan digunakan untuk menuntaskan pembangunan masjid. "Mudah-mudahan ini barokah dengan dibangunnya rumah Allah ini," ujar Sodik.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015