Ankara (ANTARA News) - Penjaga pantai Turki pada Kamis (12/3) menangkap sebanyak 400 migran gelap di bagian barat-laut Turki di satu kapal barang yang dalam perjalanan ke Italia, demikian laporan kantor berita swasta, Dogan.

Menurut laporan tersebut, penjaga pantai Turki memperingatkan kapal barang itu --yang bernama "Dogan Kartal" dan berangkat dari Istanbul-- untuk melakukan pemeriksaan di dekat Kota Kecil Lapseki di Provinsi Canakkale.

Karena kapal barang tersebut tak mempedulikan peringatan itu, penjaga pantai menembak ruang mesin dan melakukan operasi ke kapal tersebut, kata Gubernur Canakkale Ahmet Cinar, sebagaimana diberitakan Xinhua.

Ia menambahkan sebanyak 400 pendatang gelap ditemukan di kapal tersebut. Mereka meneriakkan kata-kata "ke Italia atau mati".

Laporan itu juga mengatakan lima anggota awak kapal, tiga warga negara Suriah dan dua orang yang berkebangsaan Turki, telah ditahan.

Turki secara geografis berada di antara Asia dan Eropa, dan telah menjadi tempat persinggahan utama bagi pendatang dari Timur Tengah dan Asia dan pengungsi yang menyelamatkan diri dari kemiskinan atau konflik di negara mereka.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015